5 CONTOH TEKS PERSUASI SMP/MTs Terbaru


5 CONTOH TEKS PERSUASI SMP/MTs TERBARU






Ayo Hidup Sehat

Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam tubuh melemah, maka tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan-maakanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan-makanan yang  tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktifitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga. Padahal olahraga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah sehingga mudah terjangkit virus penyebab berbagai penyakit. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara rutin.
Marilah Tanamkan Jiwa Tolong-Menolong

Manusia adalah makhluk social yang berarti tidak bias hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan semua urusan kita di dunia ini, dimulai dari kita lahir hingga kita menemui ajal kita. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan terlihat mudah. Seperti kata pepatah, “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bias kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan jika dikerjakan sendiri. Namun, jika kita saling membantu, maka pekerjaan itu akan terasa sangat mudah dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling menolong antar sesame agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih baik.

Pupuk Kimia Yang Berbahaya Bagi Lingkungan

Penggunaan pupuk kimia memang dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia juga dapat memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani dari hasil panen. Beberapa tahun pertama penggunaan pupuk kimia memang meningkatkan produksi panen secara pesat. Namun setelah belasan tahun penerapan pupuk kimia, mulailah terlihat dampak dan efek sampingnya.
Dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. Bahan kimia yang digunakan dalam pertaninan seperti pupuk dan pestisida telah merusak struktur kimia dan biologi tanah. Selain itu, penggunaan pupuk kimia juga dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga kualitasnya berkurang.
Langah yang bias dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan pupuk organik seperti kompos. Penggunaan pupuk organik bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk kimia, sehingga dosis pupuk dan akibat pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh pupuk kimia bias dikurangi. Oleh sebab itu, beralihlah ke pupuk organik seperti kompos yang murah dan terjangkau juga aman bagi hasil panen.


Marilah Kembali Ke Hakikat Manusia

 Smartphone, stupid people, slogan itulah yang tepat untuk menggambarkan keadaan manusia sekarang ini. Saat ini banyak manusia disibukkan oleh teknologi ini yang tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakikat menusia sebagai makhluk sosial.
Sebagaimana makhluk sosial, manusia sangatlah membutuhkan manusia lainnya, tetapi saat ini, kita sudah melupakan itu semua. Kita lebih memilih bermain dengan HP kita dibandingkan dengan teman-teman kita. Kita lebih memilih bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar. Kita lebih memilih berinteraksi di dunia maya daripada berinteraksi dengan orang-orang baru yang ada di sekitar kita.
Tanpa kita sadari perilaku tersebut akan menciptakan pribadi yang pasif, acuh tak acuh, dan anti sosial. Sebelum hal tersebut memengaruhi kita lebih jauh lagi, bangkilah dari tempat duduk atau tempat tidur kita. Marilah matikan Handphone kita sejenak, lihatlah sekeliling kita betapa banyak hal yang bisa kita lakukan daripada hanya sibuk berkutat dengan handphone. Pergilah keluar dan berinteraksilah dengan sesam. Sapalah dan berkikan senyum yang indah, maka kita akan menyadari betapa indah dunia ini tanpa teknologi-teknologi tersebut. Oleh karena itu, marilah kembali kepada hakikat umat manusia dan jangan mau dibodohi oleh smartphone yang membuat kita menjadi stupid people.
Mari Hidup Sehat

Hidup sehat adalah idaman bagi setiap manusia. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang menginginkan sakit. Namun, bagaimana caranya agar kita tidak menderita sakit? Mudah saja, jawabannya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada banyak pola hidup sehat yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga.
Konsumsilah makanan-makanan yang bergizi. Makanan-makanan yang mengandung mineral dan protein sangat baik untuk tubuh kita. Dengan mengonsumsi makanan ini, maka tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang cukup.
Berolahragalah secara teratur. Olahraga yang teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita menjadi bugar dan tidak mudah terkena penyakit.
Hindarilah rokok dan minuman-minuman beralkohol. Kedua benda ini adalah racun dunia yang bisa merusak tubuh. Apabila kita menjaga tubuh dari rokok dan alcohol, maka itu artinya kita menjaga tubuh dari racun.
Demikianlah pola hidup sehat yang bisa kita terapkan. Oleh karena itu, mulai dari saat ini marilah menjaga kesehatan tubuh kita karena sakit mahal harganya.

1 comments:


EmoticonEmoticon