4 CONTOH TEKS DESKRIPSI SMP/MTS MATERI REVISI



4 CONTOH TEKS DESKRIPSI SMP/MTS MATERI REVISI


1. Parangtritis nan Indah

Bagian penting destinasi tujuan Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. yaitu Pantai Parangtritis  di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. terlihat pada bagian kiri tebing tinggi, tampak kanan batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang dating setiap saat. Pantai menawan disambut buih-buih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. saat senja, terlihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. kehangatan menyelimuti lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan kita seolah tersihir secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
membludaknya para pelancong Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di Parangtritis kita akan melihat kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita dapat naik kuda atau angkutan seperti andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.



2. Ayah, Panutanku


Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Nampak bekas jenggot cukur didagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Mukanya sejuk dan senantiasa sumringah menghadapi masalah apa pun. Iya, ayahku manusia tersabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Ia kerap kali memperlihatkan perasaanya melalui gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
Tak seumpama warga Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat kalem. ia hemat dalam berkata-kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.




3. Ibu, Inspirasiku


Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Beliau kerap kali menolong sesama, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

4. Si Bagas, Kelinciku

Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.
Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. ketika saat akan makan ia berputar-putar di hadapanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.
Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

First

7 comments

1.contoh:yaitu pantai parangtritis dikecamatan kretek,bantuI,daerah istimewah yogyakarta.pantai ini terletak sekitar 27km arah selatan yogyakarta

2.contoh:apakah wajah ayahnya mengerikan
Meskipun kelihatannya mengerikan ,ayahku orang yg sabar.mukanya sejuk dan sanantiasa sumrigan menghadapi masalah apa pun.iya,ayahku manusia sabar yg pernah aku kenal

3.contoh:apa provasi ibunya
Probesi sebagai guru semakin mengokohkan prinsip untuk slalu mengajarkan kebaikan kepada sesama

4.contoh:siapa nama kelincinya
Kelinci ku bernama bagas

Ibuku inspirasiku,usia tidak menjadi masalah untuk kita terus belajar.

What this is parangtritis nan indah?


EmoticonEmoticon